Digugu lan ditiru, begitulah orang Jawa menggambarkan sosok guru. Guru selalu memiliki tempat spesial di masyarakat. Maka tak heran banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi guru. Orang-orang tersebut tentunya memiliki karakter yang berbeda, hal ini lah yang menyebabkan lahirnya berbagai jenis guru. Berikut ini adalah berbagai jenis guru yang perlu Anda tahu :

1. Guru Jaman Now

Guru Jaman Now merupakan jenis guru yang selalu update hal-hal kekinian. Selalu membawa gawai kemana-mana untuk berswafoto atau hanya sekedar ngecek WA. Guru jenis ini biasanya asik saat mengajar dan mengerti kebutuhan murid. Populasi Guru Jaman Now umumnya sekitar 50% dari jumlah guru di sekolah.

2. Guru Ngartis

Guru Ngartis merupakan jenis guru yang biasa tampil cantik/ganteng di depan murid-muridnya. Cirinya selalu membawa peralatan make up di dalam tasnya. Guru jenis ini biasanya bercermin dulu sambil merapikan bedak atau menyisir rambut sebelum masuk kelas. Populasi Guru Ngartis umumnya sekitar 15% dari jumlah guru di sekolah.

3. Umar Bakri

Guru Umar Bakri adalah jenis guru yang sesuai dengan deskripsi lagu Umar Bakrie-nya Iwan Fals. Biasanya mengendarai motor butut ke sekolah, meskipun sebenarnya memiliki mobil. Alasan mereka pun sangat menyentuh, karena ingin mengajarkan kesederhanaan kepada murid. Jenis guru ini adalah panutan murid. Sayang populasi guru jenis ini umumnya hanya sekitar 10% dari jumlah guru di sekolah.

4. Stand Up Comedian

Guru Stand Up Comedian adalah jenis guru yang selalu melawak di depan kelas. Guru yang mengerti kondisi murid dan melontarkan joke-joke gurih agar murid kembali bersemangat mengikuti pelajaran. Guru jenis ini populasinya terbesar kedua di sekolah, yaitu 15%.

5. The Killing Machine

The Killing Machine adalah jenis guru yang apabila disebut namanya membuat murid bergidik ketakutan. Guru yang ngajarnya cuma separuh jam, dan separuhnya lagi ngomel-ngomel. Guru yang sangat sayang kepada muridnya tapi mengekspresikannya dengan cara yang tidak disukai murid. Guru jenis ini umumnya memiliki populasi 10%.

Itulah jenis-jenis guru yang perlu Anda tahu. Yang jelas, selalu hormati guru Anda bagaimanapun kondisi mereka.

Selamat Hari Guru.  🙂