Cara Install WordPress di DirectAdmin

tajuk-instalasi-wordpress-directadmin

Pada bulan Juni 2019 CPanel mengumumkan kebijakan yang mengguncang dunia perhostingan. CPanel mengumumkan bahwa biaya lisensi tidak lagi bergantung pada jumlah jenis dan jumlah server melainkan pada jumlah user. Para penyedia layanan hosting pun mulai mencari alternatif lain pengganti CPanel.

Pilihan pun jatuh kepada kompetitor terdekat CPanel yaitu DirectAdmin. DirectAdmin banyak dipilih penyedia layanan hosting karena memiliki fasilitas yang sama lengkapnya dengan CPanel. Dari segi harga jelas DirectAdmin jauh lebih murah daripada CPanel. Sebagai perbandingan harga lisensi pada VPS dengan 1 akun, CPanel mematok biaya $15/bulan sedangkan DirectAdmin hanya $2/bulan.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan CPanel sebenarnya tidak akan kesulitan saat menggunakan DirectAdmin. Dari segi GUI, DirectAdmin sama mudahnya dengan CPanel. Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana cara menginstal platform blog terkenal WordPress melalui DirectAdmin.

Yang dibutuhkan

Akun hosting dengan panel DirectAdmin yang telah di-binding dengan sebuah domain atau subdomain. Anda bisa mencarinya di sini. Pastikan hosting yang Anda pilih telah menyediakan fasilitas Softaculous Auto Installer.

Langkah-langkah

Login ke akun DirectAdmin. Alamat untuk mengakses DirectAdmin biasanya berada pada port 2222, seperti https://alamat-domain:2222. Mintalah bantuan pada penyedia layanan hosting jika Anda kesulitan mengakses alamat tersebut.

directadmin-login
Halaman login DirectAdmin

Masukkan username dan password lalu klik Sign in to account. Setelah sukses login maka Anda akan dialihkan ke halaman dashboard. Pilih menu Extra > Softaculous Auto Installer untuk menuju halaman instalasi.

directadmin-dashboard
Halaman dashboard DirectAdmin

Setelah memasuki halaman instalasi Softaculous, silahkan klik install pada WordPress

directadmin-softaculous-dashboard
Halaman dashboard Softaculous

Masukkan detail instalasi WordPress, isi semua kolom yang diminta. Kosongkan kolom “in Directory” agar instalasi WordPress berada pada domain utama (https://nama-domain.com) bukan pada directory (https://nama-domain.com/dir).

directadmin-softaculous-install-wordpress
Halaman instalasi WordPress

Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu akses dashboard WordPress Anda melalu https://nama-domain-anda.com/wp-admin.

Semoga bermanfaat,