Cara Membuat Web Server dengan Python

web-server-python-1

Secara sederhana web server dapat diartikan sebagai perangkat yang menyediakan akses melalui protokol HTTP atau HTTPS. Tanpa adanya web server, maka file yang telah di-host tidak dapat diakses. Beberapa contoh web server yang populer antara lain : Apache, NGINX dan OpenLiteSpeed.

Menjalankan Web Server di localhost (PC)

Web server diperlukan untuk melakukan pengujian web yang telah dibuat di PC. Untuk PC dengan OS Windows maka bisa dengan cara menginstall XAMPP, sedangkan PC dengan OS Linux dengan cara mengintall salah satu web server Apache/NGINX/OpenLiteSpeed.

Baik pada Windows maupun Linux, file web harus diletakkan di root agar bisa diakses. Kadangkala hal ini menjadi kendala tersendiri karena developer diharuskan mengganti permission. Jika tidak ditangani dengan baik maka rawan muncul error.

Web server sederhana dengan Python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan programer.Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar. Salah satu fitur Python adalah mampu menjalankan web server dengan satu baris perintah.

Langkah-langkah

Pada tutorial ini saya menggunakan laptop yang menjalankan OS Debian 10 (Buster). Sebelum memulai, pastikan komputer Anda telah terinstall Python (tutorial menyusul). Untuk memeriksa apakah Python sudah terinstal maka ketikan perintah berikut di terminal :

python --version

Jika Python sudah terinstall maka akan muncul tulisan versi Python. Berikut ini contohnya :

Python 2.7.16

Langkah selanjutnya adalah masuk ke directory tempat file web Anda. Lalu menjalankan perintah web server Python.

cd /path/ke/folder
python -m SimpleHTTPServer

Sesuaikan /path/ke/folder dengan path menuju folder tempat file web Anda berada. Jika sukses maka akan muncul tulisan berikut :

Serving HTTP on 0.0.0.0 port 8000 ...

Lakukan pengujian dengan mengakses http://localhost:8000

Web server sukses

Anda dapat mengubah port dengan meletakan angka pada akhir perintah. Misalnya Anda ingin mengakses web di http://localhost:2020 maka perintahnya :

python -m SimpleHTTPServer 2020

Catatan : web server ini hanya dapat digunakan untuk mengakses file html statis. Selamat mencoba.